Kamis, 27 November 2014

DEFINISI & SIFAT SIFAT FLUIDA

DEFINISI DAN SIFAT-SIFAT FLUIDA

Mekanikafluida dan hidrolika adalahbagiandarimekanikaterpakai(Applied Mechanics) yang merupakansalahsatucabangilmupengetahuandasarbagitekniksipil. Mekanikafluida dapatdidefinisikansebagaiilmupengetahuanyang mempelajarisifat-sifatdan hukum-hukumyang berlakusertaperilakufluida (cairandan gas), adapunHidrolika didefinisikansebagaiilmupengetahuanyang mempelajarisifat-sifatdan hukum-hukumyang berlaku, sertaperilakucairanterutamaair baikdalamkeadaandiammaupunbergerakataumengalir.
Didalamkuliahinidiuraikansecarasingkatprinsip-prinsipdasardan contoh-contohsoalsertajawabannyayang meliputihidrostatikadan hirodinamikadalamlingkupteknikpertanian. Hidrolika mempelajarigaya-gayayang bekerjapadabendayang beradadalamcairandalamkeadaandiam, keseimbangangaya-gayayang mengapungdan melayangdalamcairan, sertakeseimbanganrelatif.
Sedangkanhidrodinamikamempelajaricairandalamkeadaanbergerakataumengalirdalamdimensiwaktu(t) dan tigadimensitempat(x,y,z). NamundidalammodulMekanikaFluida inipembahasanterbataspadaalirantetap(tidakberubahmenurutwaktu) satudimensi(hanyaberubahdiarahaliran) saja.
DEFINISI FLUIDA
FLUIDA ADALAH SUATU ZAT YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN BER-UBAH SECARA KONTINYU APABILA MENGALAMI GESERAN, ATAU MEMPUNYAIREAKSI TERHADAP TEGANGAN GESER SEKECILAPAPUN.DALAM KEADAAN DIAM ATAU DALAM KEADAAN KESEIMBANGAN, FLUIDA TIDAK MAMPU MENAHAN GAYA GESER YANG BEKERJA PADANYA,DAN OLEH SEBAB ITU FLUIDA MUDAH BERUBAHBENTUK TANPA PEMISAHAN MASSA.
SIFAT FLUIDA
(1).GAS : Tidakmempunyaipermukaanbebas, dan
massanyaselaluberkembangmengisi
seluruhvolume ruangan, sertadapat
dimampatkan.
(2).CAIRAN: mempunyaipermukaanbebas, dan massanya
akanmengisiruangansesuaidenganvolumenya,
sertatidaktermampatkan.
A.DIMENSI: adalahbesaranterukurmewujudkankarakteristiksuatuobyek.1. Massa( m ).2. Panjang( L ).3. Waktu( t ).
B.SATUAN: adalahsuatustandaryang mengukurdimensi, yang penggunaannyaharuskonsistenmenurutsistemsatuanyang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar